Edukasi Untuk Pengembangan Desa Mandiri Energi Dengan Pemanfaatan Pembangkit Listrik Mikrohidro Portabel

Main Article Content

Samsurizal Samsurizal
Andi Makkulau
Muhammad Sofyan

Abstract

Proses pembelajaran di kelas merupakan proses penyampaian ilmu dari sumber yang satu ke sumber yang lain kepada siswa dengan tujuan menjadikan mereka lebih pintar. Pembelajaran identik tentang hard skill, namun memberikan hard skill saja tidak cukup untuk membekali mereka. Siswa dalam kehidupan sosial atau tempat kerja tidak hanya membutuhkan hard skill namun diperlukan pertumbuhan soft skill untuk menyeimbangkan keterampilan teknis yang dimiliki peserta didik. Edukasi membantu mengembangkan berbagai keterampilan dan kemampuan yang dibutuhkan dalam kehidupan sehari-hari. Edukasi juga memiliki dampak signifikan pada pembangunan ekonomi suatu negara. Individu yang terlatih dan terdidik cenderung memiliki kesempatan kerja yang lebih baik dan dapat berkontribusi lebih besar terhadap pertumbuhan Sumber Daya Manusia dan ekonomi. Mitra tempat kegiatan ini berlangsung adalah madrasah, dimana madrasah membutuhkan keterampilan siswa agar setelah lulus dapat diterapkan di masyarakat dan siswa dapat mengembangkan kapasitasnya di masyarakat. Lokasi mitra berada di desa Kramatlaban, dimana desa tersebut mempunyai banyak sumber air yang berlimpah baik untuk irigasi maupun keberlangsungan hidup masyarakat setempat. Kegiatan edukasi dilakukan dengan menggunakan pembangkit listrik mikrohidro, dengan adanya kegiatan pendidikan berupa edukasi diharapkan Desa Kramatlaban dapat menciptakan pembangunan di daerahnya, melalui kegiatan yang dilakukan di madrasah, dimana siswa akan menjadi motor penggerak kemajuan daerah daerahnya melalui pemanfaatan sumber daya alam yang ada diwilayah tersebut, sehingga wilayah tersebut menjadi desa mandiri energi.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Samsurizal, S., Makkulau, A., & Sofyan, M. (2024). Edukasi Untuk Pengembangan Desa Mandiri Energi Dengan Pemanfaatan Pembangkit Listrik Mikrohidro Portabel. TERANG, 6(1), 38–48. Retrieved from https://jurnal.itpln.ac.id/terang/article/view/2227
Section
Articles

References

G. M. Morel and J. M. Spector, Foundations of educational technology: Integrative approaches and interdisciplinary perspectives., Taylor & Francis., 2022.

A. Grani?, "Educational technology adoption: a systematic review," Education and Information Technologies, vol. 27, no. 7, pp. 9725-9744, 2022.

K. Lee and M. Fanguy, " Online exam proctoring technologies: Educational innovation or deterioration?.," British Journal of Educational Technology, vol. 53, no. 3, pp. 475-490, 2022.

Y. M. Chen, " Understanding foreign language learners’ perceptions of teachers' practice with educational technology with specific reference to Kahoot! and Padlet: A case from China," Education and information technologies, vol. 27, no. 2, pp. 1439-1465, 2022.

J. L. R. Muñoz, F. M. Ojeda, D. L. A. Jurado, P. F. P. Peña, C. P. M. Carranza, H. Q. Berríos and M. J. Vasquez-Pauca, "Systematic review of adaptive learning technology for learning in higher education.," Eurasian Journal of Educational Res, vol. 98, no. 98, pp. 221-233, 2022.

J. Dron, "Educational technology: what it is and how it works," AI & SOCIETY, vol. 37, no. 1, pp. 155-166, 2022.

L. Li, G. Li, I. Ozturk and S. Ullah, "Green innovation and environmental sustainability: Do clean energy investment and education matter," Energy & Environment, vol. 0958305X221115096., 2022.

J. Magano, C. Silva, C. Figueiredo, A. Vitória, T. Nogueira and M. A. Pimenta Dinis, "Generation Z: Fitting project management soft skills competencies—A mixed-method approach.," Education Sciences, vol. 10, no. 7, p. 187, 2020.

Windows. [Online]. Available: https://edukasi.sindonews.com/read/1198239/212/lulusan-sma-dan-smk-dominasi-pengangguran-di-indonesia-ini-jumlahnya-1694401753#:~:text=Data%20Badan%20Pusat%20Statistik%20%28BPS%29%20menunjukkan%2C%20tingkat%20pengangguran,jumlahnya%20se. [Accessed 25 Juny 2023 ].

R. R. Green-Weir, D. Anderson and R. Carpenter, "Impact of Instructional Practices on Soft-Skill Competencies," Research in Higher Education Journal, p. 40, 2021.

L. Agustine, A. Gunadhi, D. L. Antonia, W. A. Weliamto, P. R. Angka, R. Sitepu and A. F. Miyata, "Pemanfaatan energi terbarukan dalam upaya swasembada listrik di kawasan wisata edukasi pedesaan," Jurnal Inovasi Hasil Pengabdian Masyarakat (JIPEMA), vol. 4, no. 3, pp. 451-464, 2021.

A. Kadir, Energi Sumber Daya, Inovasi, Tenaga Listrik dan Potensi Ekonomi, Jakarta: UI Edisi Ke 3/ Revisi, 2010.

RUEN, Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral, [Online]. Available: https://www.esdm.go.id/assets/media/content/content-rencana-umum-energi-nasional-ruen.pdf.

M. J. Coelho and H. Martins, "The future of soft skills development: a systematic review of the literature of the digital training practices for soft skills.," Journal of e-Learning and Knowledge Society, vol. 18, no. 2, pp. 78--85, 2022.

Christiono, Samsurizal, R. Pratama, T. Ratnasari and M. Fikri, "Penyuluhan Pemanfaatan Energi Terbarukan (PLTS) di SMP IT ALMAKA Jakarta," TERANG, vol. 2, no. 1, pp. 10-15, 2019..

M. Abid, Khalid, Kamran, Rasheed, Masood and T. Murtaza, "Design and optimization of the micro-hydro power system for remote areas of Pakistan," International Journal of Smart Grid-ijSmartGrid, vol. 4, no. 3, pp. 125-138, 2020.

Samsurizal, A. Makkulau, M. Fikri, J. Haidi and H. Hestiawan, "Study of Designing Electrical Energy Plants With Feedback Method From Generator Output," Eksergi, vol. 18, no. 3, pp. 163-167, 2022.

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>