Implementasi dan Workshop Pembelajaran Rangkaian Listrik Dengan Sumber Tenaga Surya di Madrasah Aliyah Al Khairiyah Rancaranji Serang

Main Article Content

Samsurizal Samsurizal
Agus Yogianto
Septiannissa Azzahra
Miftahul Fikri
Zainal Arifin

Abstract

Listrik merupakan hal yang melekat pada kehidupan sehari-hari kita. Rangkaian Listrik mungkin tidak asing bagi masyarakat yang sehari-harinya mempelajari atau ikut andil dalam kegiatan kelistrikan seperti Engineering dan lainnya. Hal ini mungkin dianggap sepele namun penyusunan atau dalam rangkaian suatu listrik diperlukan ilmu dasar yang dapat diketahui secara umum. Melalui Tim PkM Teknik Elektro IT-PLN berkesempatan memberikan penyuluhan atau edukasi kepada civitas akademik MA Al-Khairiyah Rancaranji. Kegiatan tersebut berupa pembelajaran dan workshop mengenai teori atau konsep rangkaian listrik sederhana dan dapat diimplementasikan dan dimanfaatkan sebagai media praktek mauapun dimanfaatkan dalam lingkup lainnya. Pembelajaran tersebut memberikan pemahaman kepada siswa-siswi tentang teori rangkaian listrik sederhana dan mampu merangkai beberapa komponen listrik seperti lampu, saklar, resistor, power supply, dan lain-lain. Kemudian alat atau rangkaian yang sudah dibuat oleh siswa/i MA AL-Khairiyah diuji coba dan menganalisa hasil dari rangkaian yang telah dibuat dan juga mengetahui besaran arus dan tegangan yang dihasilkan. Dari kegiatan tersebut dapat diketahui bahwa siswa-siswi MA Al-Khairiyah Rancaranji sangat antusias dalam mempelejari konsep pembelajaran rangkaian listrik sederhana dan dapat menerapkan ilmu yang telah didaptkan di lingkungan sekitar.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Samsurizal, S., Yogianto, A., Azzahra, S., Fikri, M., & Arifin, Z. (2022). Implementasi dan Workshop Pembelajaran Rangkaian Listrik Dengan Sumber Tenaga Surya di Madrasah Aliyah Al Khairiyah Rancaranji Serang. TERANG, 5(1), 1–14. https://doi.org/10.33322/terang.v5i1.1794
Section
Articles

References

Badan Standardisasi Nasional,Persyaratan Umum Instalasi Listrik 2000 (PUIL 2000): Amandemen 1.

Christiono, C., Samsurizal, S., Pratama, R., Ratnasari, T., & Fikri, M. 2019. Penyuluhan Pemanfaatan Energi Terbarukan (PLTS) di SMP IT Almaka Jakarta. TERANG, 2(1), 10- 15.

Azzahra, S., Christiono, C., Samsurizal, S., Fikri, M., Ratnasari, T., Putra, R. P., & Damiri, D. J. 2019. Pemasangan Lampu Jalan Berbasis Solar Cell untuk Penerangan Jalan di Desa Cilatak Ciomas. TERANG, 1(2), 137-143.

Samsurizal, S., Makkulau, A., & Christiono, C. 2018. Analisis Pengaruh Sudut Kemiringan Terhadap Arus Keluaran Pada Photovoltaic Dengan Menggunakan Regretion Quadratic Method. Energi & Kelistrikan, 10(2), 137-144.

Makkulau, A., Samsurizal, Christiono. 2019. Characteristics of Temperature Changes Measurement on Photovoltaic Surfaces Against Quality of Output Current on Solar Power Plants. In 2019 International Conference on Technologies and Policies in Electric Power & Energy (pp. 1-4). IEEE.

Samsurizal, S., Christiono, C., & Makkulau, A. 2019. Evaluasi Sudut Kemiringan Terhadap Pengaruh Irradiance Pada Array Photovoltaic Jenis Monocristalline. Setrum: Sistem Kendali-Tenaga-elektronika-telekomunikasi-komputer, 8(1), 28-34.

Indra., Z, dan Kamil, I., 2011 Analisis Sistem Instalasi Listrik Rumah Tinggal dan Gedung untuk Mencegah Bahaya Kebakaran,Jurnal Ilmiah Elite Elektro, Vol. 2, No. 1, Maret 2011: 40-44.

[Joewono, A., dan Tim AbdimasJurusan Teknik Elektro, 2014. Penyuluhan dan Pelatihan Kelistrikan Di Rumah Tangga,Universitas Katolik Widya Mandala Surabaya

Rifai, A., 2014, Buku Pintar Mengatasi Listrik di Rumah,Gema Buku Nusantara, Bandung.

Timotius, Chris. 2009. “Perancangan dan Pembuatan Pembangkit Listrik Tenaga Surya”. Jurusan Pendidikan Teknik Elektro, Fakultas Pendidikan Teknologi dan Kejuruan, Universitas Pendidikan Indonesia.

Azzahra, S., Samsurizal, S., Christiono, C., & Fikri, M. 2020. Pemasangan Lampu Jalan dan Pembangunan Pembangkit Listrik Berbasis Solar Cell Sebagai Prototype Pembelajaran Energi Terbarukan Di MA Al-Khairiyah Rancaranji. TERANG, 3(1), 100-105.

Samsurizal, S., Azzahra, S., Fikri, M., Azis, H., & Yogianto, A. 2021. Prototype Pembelajaran Pemanfaatan Energi Baru Terbarukan Berbasis Energi Surya. TERANG, 4(1), 125-135.

Most read articles by the same author(s)