E-Modul Berbasis Kearifan Lokal Menggunakan Flipbook Digital Pada Mata Pelajaran Teknik Pengolahan Audio Dan Video Untuk Menumbuhkan Motivasi Belajar Siswa SMK

Main Article Content

Miftakhul Janah
Hakkun Elmunsyah
Ahmad Mursyidun Nidhom

Abstract

ABSTRAK


Kegiatan pembelajaran membutuhkan bahan ajar dan media pembelajaran yang digunakan untuk acuan dalam pembelajaran. Pemanfaatan teknologi sangat dimaksimalkan untuk meningkatkan kualitas belajar dan motivasi siswa dalam belajar. Guru mengupayakan agar dapat mengembangkan inovasi berupa bahan ajar yang dapat meningkatkan kompetensi belajar siswa. Siswa dapat tertarik terhadap suatu pembelajaran dengan menggunakan bahan ajar yang dibuat secara efektif dan interaktif. Tujuan dari penelitian ini adalah mengembangkan serta menguji kelayakan bahan ajar  E-modul menggunakan Flipbook Digital berbasis kearifan lokal pada mata pelajaran Teknik Pengolahan Audio Dan Video untuk meningkatkan motivasi belajar siswa SMK jurusan Multimedia. Penelitian pengembangan ini mengadaptasi model pengembangan 4D yang memiliki 4 tahapan yaitu: (1) define, (2) design, (3) develop, dan (4) disseminate. Hasil validasi materi mendapatkan presentase 89,00% yang termasuk dalam kategori sangat layak dan validasi media mendapatkan presentase sebesar 88,88% yang termasuk dalam kategori sangat layak. Berdasarkan hasil uji dari kelompok kecil dan besar masing-masing menghasilkan nilai presentase 90,24% dan 91.27% yang termasuk di kategori sangat layak. Uji motivasi belajar menghasilkan presentase awal 76,82% menjadi 81,03% yang termasuk dalam kategori motivasi tinggi sekali.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Janah, M., Elmunsyah, H., & Nidhom, A. M. (2023). E-Modul Berbasis Kearifan Lokal Menggunakan Flipbook Digital Pada Mata Pelajaran Teknik Pengolahan Audio Dan Video Untuk Menumbuhkan Motivasi Belajar Siswa SMK. PETIR, 16(1). https://doi.org/10.33322/petir.v16i1.1725
Section
Articles

References

[1] W. Sanjaya., Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group., 2006.
[2] Prastowo Andi, Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif Cetakan ke-4 (Yogyakarta. Yogyakarta, 2015.
[3] N. S. Herawati and A. Muhtadi, “Pengembangan modul elektronik (e-modul) interaktif pada mata pelajaran Kimia kelas XI SMA,” J. Inov. Teknol. Pendidik., vol. 5, no. 2, pp. 180–191, 2018, doi: 10.21831/jitp.v5i2.15424.
[4] W. B. Permana, “Pengembangan E-Modul Berbasis Project Based Learning Pada Mata Pelajaran Pemrograman Berorientasi Objek Kelas XI RPL di SMK Negeri 2 Tabanan,” J. Nas. Pendidik. Tek. Inform., vol. 6, no. 2, p. 140, 2017, doi: 10.23887/janapati.v6i2.11083.
[5] E. Wibowo, Pengembangan Bahan Ajar E-Modul Dengan Menggunakan Aplikasi Kvisoft Flipbook Maker. 2018. [Online]. Available: http://repository.radenintan.ac.id/3420/1/SKRIPSI FIX EDI.pdf
[6] Daryanto dan Aris, Pengembangan Perangkat Pembelajaran (Silabus, Rpp, Phb, Bahan Ajar). Yogyakarta, 2014.
[7] B. S. Cecep Kuatandi, Media Pembelajaran Manual dan Digital. Bogor, 2013.
[8] D. M. P. Chania, R. Medriati, and A. Mayub, “Pengembangan Bahan Ajar Fisika Melalui Pendekatan Stem Berorientasi Hots Pada Materi Usaha Dan Energi,” J. Kumparan Fis., vol. 3, no. 2, pp. 109–120, 2020, doi: 10.33369/jkf.3.2.109-120.
[9] M. Situmorang, Y. Yustina, and W. Syafii, “E-Module Development using Kvisoft Flipbook Maker through the Problem Based Learning Model to Increase Learning Motivation,” J. Educ. Sci., vol. 4, no. 4, p. 834, 2020, doi: 10.31258/jes.4.4.p.834-848.
[10] K. Sa’diyah, “Pengembagan E-Modul Berbasis Digital Flipbook Untuk Mempermudah Pembelajaran Jarak Jauh Di SMA,” Edukatif J. Ilmu Pendidik., vol. 3, no. 4, pp. 1298–1308, 2021, [Online]. Available: https://edukatif.org/index.php/edukatif/article/view/561
[11] A. Fauziah and S. S. Wulandari, “Pengembangan E-Modul Berbasis Flipbook Untuk Pembelajaran Materi Ruang Lingkup Administrasi Kepegawaian,” Edukatif J. Ilmu Pendidik., vol. 4, no. 2, pp. 2202–2212, 2022, doi: 10.31004/edukatif.v4i2.2363.
[12] Sugiono, Metode Penelitian Kuanlitatif Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta, 2018.
[13] Akbar. S, Instrumen Perangkat Pembelajaran. Bandung: Rosdakarya, 2013.
[14] Riduwan, Metode & Teknik Penyusunan Proposal Penelitian. Bandung: Alfabeta, 2014.
[15] N. Arlika, S. Patmanthara, and S. Wibawanto, “Pengembangan modul digital pada pembelajaran pekerjaan dasar elektromekanik untuk peningkatan hasil belajar siswa kelas X TITL Di SMK Negeri 6 Malang,” J. Inov. Teknol. dan Edukasi Tek., vol. 1, no. 1, pp. 27–36, 2021, doi: 10.17977/um068v1n1p27-36.
[16] D. R. Anggraeni, H. Elmunsyah, and A. N. Handayani, “Pengembangan modul pembelajaran fuzzy pada mata kuliah Sistem Cerdas untuk mahasiswa S1 Pendidikan Teknik Elektro Universitas Negeri Malang,” Tekno, vol. 29, no. 1, p. 26, 2019, doi: 10.17977/um034v29i1p26-40.
[17] BSNP, Instrumen Penilaian Buku Teks Pelajaran Tahun 2017. Jakarta: Badan Standar Nasional Pendidikan, 2017.
[18] C. Y. Wulandari and R. Sulistyowati, “EDUKATIF?: JURNAL ILMU PENDIDIKAN Pengembangan E-Modul Interaktif Berbasis Flip Pdf Professional Mata Pelajaran Produk Kreatif dan Kewirausahaan di Sekolah Menengah Kejuruan,” vol. 4, no. 3, pp. 4882–4889, 2022.
[19] H. Sadiyah, S. Suraida, and N. Syahbani, Desain e-Modul Berbasis Aplikasi FLIPHTML5 Pada Materi Virus untuk Siswa Sekolah Menengah Atas (SMA). 2021. [Online]. Available: http://repository.uinjambi.ac.id/9598/%0Ahttp://repository.uinjambi.ac.id/9598/1/20717271 Desain E-Modul Berbasis Aplikasi Fliphtml5 pada Materi Virus untuk SMA- lampiran fulltext.pdf
[20] Q. S. Anandari et al., “Development of Electronic Module: Student Learning Motivation Using the Application of Ethnoconstructivism-Based Flipbook Kvisoft,” J. Pedagog., vol. 06, no. 02, pp. 416–436, 2019.
[21] Zaitun, “the Benefits of Learning Motivation Based on Local Wisdom of G12,” EduHumaniora J. Pendidik. Dasar, vol. 11, no. 1, pp. 36–45, 2019.