Meningkatkan Kualitas Pelayanan Di Kantor Desa Batuaji Tabanan Melalui Kegiatan Pelatihan Google Form

Main Article Content

Christina Purnama Yanti
Ni Luh Wiwik Sri Rahayu Ginantra

Abstract

Desa Batuaji adalah salah satu desa yang berada pada kecamatan Kerambitan, Kabupaten Tabanan, Bali.
Dengan adanya serangan virus covid -19, proses kegiatan administrasi pada kantor desa yang membatasi pelayanan langsung ke kantor. Kurangnya pemahaman dan keterampilan perangkat desa di bidang ilmu komputer menjadi kendala di kantor desa Batuaji. Oleh karena itu, tim dosen Institut Bisnis dan Teknologi Indonesia memberikan pelatihan penggunaan Google Form kepada perangkat desa Batuaji. Pelaksanaan pengabdian dilakukan langsung di Kantor Desa Batuaji dan diikuti oleh 10 peserta dari perangkat desa Batuaji. Kegiatan pelatihan ini berjalan dengan baik dan lancar. Di akhir kegiatan pelatihan, peserta diberikan kuesioner dimana hasil dari kuesioner kepuasan hampir 100% merasakan puas dengan kegiatan pelatihan google form

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

Section
Articles

References

N. Azriya and D. Sari, “Pelatihan Pemanfaatan Google Form Pada Aparat Dan Perangkat Desa Negara Saka Kabupaten Pesawaran Dalam Rangka Peningkatan Program Kerja Desa.”

E. Setiawan, N. Herawati, and S. Saidi, “Sosialisasi Penggunaan Google Form Bagi Perangkat Desa dan Guru Sido Makmur.”

A. Nur Ikhsan, R. Sani Alifian, and D. Nur Astri, “Pelatihan Penggunaan Google Form Dan Google Drive Untuk Meningkatkan Kualitas Pelayanan Administrasi Di Desa Karangnangka,” vol. 6, no. 3, 2022.

Mashud, Muhajirin, S. Syamsu, Ramlah, A. Yulia Muniar, and Asrul, “Pelatihan Pemanfaatan Google Form Pada Aparat dan Perangkat Desa Kurusumange, Kecamatan Tanralili, Kabupaten Maros.” [Online]. Available: http://jurnal.sar.ac.id/index.php/J-PEMAS

U. Mansyur, E. I. Alwi, and I. Akidah, “Peningkatan Keterampilan Guru dalam Memanfaatkan Google Form sebagai Media Evaluasi Pembelajaran Jarak Jauh,” vol. 7, no. 1, pp. 23–34, 2022.

L. A. Utami, S. A. Putri, S. Oktaviana R, and M. Ryansyah, “Pelatihan Pembuatan Google Form Untuk Kebutuhan Survey Bagi Pengurus Dan Kader Dasawisma Kelurahan Ragunan,” Jurnal Warta Desa (JWD), vol. 3, no. 3, pp. 200–206, Dec. 2021, doi: 10.29303/jwd.v3i3.160.