Pengenalan dan Pelatihan Augmented Reality Huruf Hijaiyah Pada TPQ Al Abror Buring Kota Malang

Main Article Content

Mohamad As'ad
Eni Farida
Sigit Setyowibowo
Sujito Sujito

Abstract

Abstrak


Perkembangan Augmented Reality (AR) dalam dunia informasi teknologi (IT) sangatlah cepat termasuk aplikasi AR dalam pembelajaran huruf hijaiyah. Sebagai insan kampus IT, pengabdi ingin memberikan ilmu dan pengetahuan dari kampus ke tengah-tengan masyarakat dengan cara pengabdian masyarakat menggunakan aplikasi AR huruf hijaiyah berbasis android. Pengabdian ini diterima oleh TPQ Al Abror di daerah Kelurahan Buring Kedungkandang Kota Malang. Pengabdian ini mempunyai tujuan memperkenalkan teknologi pembelajaran yaitu pengenalan awal pada santri baru dengan teknologi AR huruf hijaiyah. Di TPQ ini masih menggunakan metode Iqro’ dalam proses belajar mengajar. Santri di TPQ Al Abror ini berjumlah 115 anak dengan rincian 21 santri tingkar dasar (Iqro’ I), 69 santri untuk klas Iqro’ II-VI dan 25 santri untuk tingkat Al Quran. Sasaran dari pengenalan dan pelatihan AR huruf hijaiyah ini adalah santri pada level Iqro’ I. Pada pengabdian ini, santri, ustadz dan orang tua santri sangat antusias karena proses pembelajarannya tidak membosankan dengan menggunakan hand phone seperti bermain game. Hasil dari pengabdian ini, para santri semangat belajar jika dilihat dari hasil pretest dan postestnya. Nilai rata-rata pretesnya sebesar 44.28 dan nilai rata-rata postestnya sebesar 80.47, dengan uji t berpasangan didapat nilai t-test sebesar -28,129 yang mempunyai p-value sebesar 0,000. Dengan tingkat error (alpa = 5 %) yang digunakan, dapat disimpulkan terdapat perbedaan yang sangat nyata antara sebelum pelatihan AR huruf hijaiyah dan sesudahnya. Pelatihan AR huruf hijaiyah memberikan manfaat yang besar terhadap TPQ Al Abror.


Kata kunci: Metode Iqro’; AR huruf hijaiyah; TPQ Al Abror Buring Kota Malang.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

Section
Articles
Author Biography

Eni Farida, STMIK PPKIA Pradnya Paramita

System Information Departement

References

DAFTAR PUSTAKA

. Dirjen Penguatan Riset dan Pengembangan Kemenristekdikti, 2019, Buku panduan pengusulan program penelitian dan pengabdian kepada masyarakat melalui simlitabmas. Direktorat Riset dan Pengabdian Masyarakat. Direktorat Jenderal Penguatan Riset dan Pengembangan Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi. Gedung BPPT II Lantai 19, Jl. MH. Thamrin No. 8 Jakarta Pusat. https://lppm.unud.ac.id/img/admin/post_attc/67df9b31d05bf32104494265bcdc91e4.pdf

[Accessed: 20-Sept-2022]

. Susanti, M., Setiawan, E., Wibowo W.K., Nugroho H., Irawan A., Tasmi, Koyimatu, M., Annisa, A.R., Nugroho T.A. dan Yunita A., 2022, Peningkatan Literasi Komputer Melalui Pelatihan Micosoft Excel Advanced Untuk Efisiensi Pekerjaan di Instansi Pemerintahan, Terang: Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat Menerangi Negeri, Vol. 4, No. 2, p.209-2014. https://jurnal.itpln.ac.id/terang/article/view/1528

[Accessed: 25-Nov-2022]

. Nawir, F dan Hamdat, A., 2021, Penerapan Augmented Reality Sebagai Media Digital Marketing Di Masa Pandemi Covid 19 Pada Pengusaha Penginapan Di Malino, TEKMULOGI: Jurnal Pengabdian Masyarakat Vol. 1, No. 1, p. 41–46. https://ejournal.upi.edu/index.php/Tekmulogi/article/view/34299/pdf

[Accessed: 20-Okto-2022]

Aminuddin, Basuki, S. Dan Yusuf, M., 2019, Perangkat lunak multimedia interaktif pembelajaran Al-Qur’an dengan metode Tilawati, Jurnal Pengabdian Dan Pemberdayaan Masyarakat (JPPM) Universitas Muhammadiyah Purwokerto. Vol. 3 no.1, p.173-178.

https://jurnalnasional.ump.ac.id/index.php/JPPM/article/view/3645/2452

[Accessed: 21-Sept-2022]

. Siang, A.D., 2018, Media Pembelajaran Huruf Hijaiyah Dengan Teknologi Augmented Reality (AR) Berbasis Android Pada Tk Al-Fath Kota Malang. Skripsi tidak dipublikasikan. Program studi Sistem Informasi, STMIK PPKIA Pradnya Paramita Malang.

. Taja, N., Inten D.N. dan Hakim A., 2019, Upaya Meningkatkan Keterampilan Mengajar Baca Tulis Al-Qur`An bagi Guru, Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, vol. 3. No. 1, p.68-81. https://obsesi.or.id/index.php/obsesi/article/view/135

[Accessed: 28-Okto-2022]

. Tarumasely, Y., 2020, Perbedaan Hasil Belajar Pemahaman Konsep Melalui Penerapan Strategi Pembelajaran Berbasis Self Regulated Learning, Jurnal Pendidikan dan Kewirausahaan, vol 8 no. 1, 54-65.

https://journalstkippgrisitubondo.ac.id/index.php/PKWU/article/view/67/64

[Accessed: 28-Nov-2022]