Pemberdayaan Ekonomi Masyarakat Kampung Gadog Melalui Budidaya Ikan Lele Berbasis Automatic Fish Feeder Dan Energi Baru Terbarukan

Main Article Content

Christine Widyastuti
Okta
Dwi

Abstract

Kampung Gadog Desa Sukamahi merupakan sebuah kampung yang terletak di Cianjur Jawa Barat. Topologi Kampung Gadog dikelilingi oleh persawahan sehingga mayoritas masyarakat berprofesi sebagai petani. Pendapatan masyarakat yang rendah mengakibatkan kondisi masyarakat kurang sejahtera. Untuk membantu masyarakat meningkatkan perekonomiannya dan melihat potensi air yang melimpah serta menerapkan IPTEK di kampung Gadog, maka tim akan membangun kolam budidaya ikan lele. Yang perlu diperhatikan untuk budidaya ikan lele adalah waktu pemberian pakan tepat waktu, sedangkan masyarakat menghabiskan waktu seharian jika bercocok tanam di sawah / di ladang karena posisi yang jauh. Untuk memfasilitasi hal tersebut maka pemberian pakan akan menggunakan automatic fish feeder yang sudah dilengkapi dengan photovoltaic di bagian atas alat.. Sedangkan penerapan IPTEK menggunakan pompa air DC berbasis energi surya, dimana pompa air ini akan digunakan untuk proses pengairan kolam. Untuk fish feeder dalam pemberian pakan dapat di setting sesuai dengan kebutuhan, dimana dalam hal ini settingan waktu yang dibuat adalah dalam setiap 5 jam sekali. Kolam yang digunakan adalah kolam konvensional dengan ukuran panjang x lebar x tinggi adalah 3m x 2m x1m, dengan jumlah 4 unit kolam yang terbagi menjadi 1 kolam untuk pembibitan, 1 kolam untuk pertumbuhan dan 2 kolam lainnya untuk kolam panen. Dan untuk pompa air yang digunakan untuk menguras dan atau mengisi kembali air ke kolam digunakan pompa Air DC dengan kapasitas output pompa sebesar 180 Watt ,12 Volt. Untuk panen ikan di lakukan setelah ikan berusia 3 bulan dari sejak pembibitan pada usia 15 hari.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Widyastuti, C., Handayani, O., & Anggaini, D. (2023). Pemberdayaan Ekonomi Masyarakat Kampung Gadog Melalui Budidaya Ikan Lele Berbasis Automatic Fish Feeder Dan Energi Baru Terbarukan . TERANG, 5(2), 140–150. Retrieved from https://jurnal.itpln.ac.id/terang/article/view/1749
Section
Articles

References

A. M. Putra and A. B. Pulungan, “Alat Pemberian Pakan Ikan Otomatis,” JTEV (Jurnal Tek. Elektro dan Vokasional), vol. 6, no. 2, p. 113, 2020.

N. H. Harani, A. S. Sadiah, and A. Nurbasari, “Smart Fish Feeder Using Arduino Uno with Fuzzy Logic Controller,” 5th Int. Conf. Comput. Eng. Des. ICCED 2019, 2019.

P. P. Patil, R. K. Patil, and N. Patil, “Dc House: An Alternate Solution for Rural Electrification,” Int. J. Trend Sci. Res. Dev., vol. Volume-3, no. Issue-4, pp. 4–7, Jun. 2019.

A. J. Stratakos, C. R. Sullivan, and S. R. Sanders, “DC Power Supply Design in Portable Systems,” Low Power Digit. C. Des., pp. 141–180, 1995.

T. Elektro, F. Teknik, and U. N. Semarang, “Model Sistem Pembangkit Listrik Tenaga Surya Terpadu Dengan Baterai Terhubung Jaringan Listrik,” Sainteknol, vol. 12, no. 2, pp. 147–158, 2014.

G. A. Sutarjo and S. Samsundari, “Peningkatan Produksi Budidaya Ikan Air Tawar Melalui Penerapan Manajemen Kualitas Air Dan Pembuatan Pakan Ikan Mandiri Di Kelompok Pembudidaya Ikan ‘ SUMBER REJEKI ’ Dan Pengembangan sektor Perikanan Pelatihan Manajemen Kualitas Air dan Pembuatan Pakan Ik,” Dedikasi, vol. 15, pp. 1–4, 2018.

A. C. Cárdenas López, “No Title ??? ????? ????? ???????,” ????????? ???????, vol. 10, no. 9, p. 32, 2012.

M. Z. H. Noor, A. K. Hussian, M. F. Saaid, M. S. A. M. Ali, and M. Zolkapli, “The design and development of automatic fish feeder system using PIC microcontroller,” Proc. - 2012 IEEE Control Syst. Grad. Res. Colloquium, ICSGRC 2012, no. Icsgrc, pp. 343–347, 2012.

T. Surya, D. Sukamahi, K. Sukaresmi, K. Cianjur, and J. Barat, “Implementasi Portable Power dengan Sistem Pengisian Energi Listrik,” vol. 4, no. 2, pp. 187–200, 2022.

Most read articles by the same author(s)