Peningkatan Kinerja Mesin Kapal Tunda Dengan Implementasi Total Productive Maintenance (TPM)

Main Article Content

Ade Caswito Ade Caswito

Abstract

TPM (total productive maintenance) merupakan suatu konsep untuk mengefisensi operasional dan memperbaiki kualitas suatu produk dan mempunyai suatu metode yaitu Oee dan metode untuk mengukur efektivitas pada penggunaan suatu alat, dan dikenal sebagai salah satu program aplikasi dari TPM tersebut. Hal utama dalam metode ini yaitu untuk identifikasi suatu masalah serta faktor penyebabnya agar lebih mudah untuk melakukan suatu perbaikan dalam suatu alat, maka dari perusahaan-perusahaan di dunia banyak sekali menggunakan metode ini. umpama suatu alat atau mesin secara mendadak berhenti, berkurangnya laju produksi mesin, lama nya waktu (setup dan adjustment), mesin yang beroperasi tetapi produk yang dihasilkan oleh mesin banyak yang cacat dan produk yang dihasilkan tidak memenuhi standar yang sudah ditentukan. Dalam peneleitian ini didapatkan nilai Oee sejumlah 73.51%. Maka acuan PT. ABC untuk mengupayakan perbaikan dalam proses produksi untuk meningkatkan kinerja dan mengefisiensikan produksi maka cara mengatasi masalah tersebut dilakukan dengan TPM sebagai alat yang digunakan, selain itu  untuk mengukur dan mengetahui kinerja mesin/alat yaitu dengan metode Oee. Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan suatu gambaran yang sesuai dengan faktor yang mengupayakan implementasi dari penerapan TPM dengan melihat faktor dari (six big losses) yang mana terjadinya penurunan efektivitas. Hal ini peneliti menuliskan untuk mengusulkan suatu perbaikan pada kapal laut dalam mengefesiensikan dan meningkatkan kinerja operasional melalui implementasi dari penerapan TPM.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Caswito, A. C. A. (2023). Peningkatan Kinerja Mesin Kapal Tunda Dengan Implementasi Total Productive Maintenance (TPM). KILAT, 12(1), 20–29. https://doi.org/10.33322/kilat.v12i1.1890
Section
Articles

References

Nakajima, S. (1988). Intorduction To Total Productive Maintenance. Cambridge: Productivity Press.

Osama Taisir R.Almeanazel. (2010). Total Productive Maintenance Review and Overall Equipment Effectiveness Measurement. Jordan Journal of Mechanical and Industrial Engineering. Volume 4, Number 4, September 2010ISSN 1995-6665 Pages 517 – 522.

Riza Virdian, Endang P.W. dan Erlina. (2014). Evaluasi Efektivitas Mesin Coal Feeder Dengan Penerapan Total Productive Maintenance (Tpm) Di Pt. Pembangkitan Jawa Bali Services Pltu Paiton Unit Ix, Page 35-49.

Samad, M. A., & Hossain, M. R. (2012). Analysis of Performance by Overall Equipment Effectiveness of the CNC Cutting Section of a Shipyard. ARPN Journal Of Science and Technology, 2(11), 1091-1096.