Pengaruh Serbuk Tulang Sotong Sebagai Bahan Tambahan Filler Untuk Campuran Aspal Beton AC-WC Pengaruh Serbuk Tulang Sotong Sebagai Bahan Tambahan Filler Untuk Campuran Aspal Beton AC-WC

Main Article Content

Achmad Pahrul Rodji

Abstract

ABSTRAK


Aspal beton adalah campuran dari agregat bergradasi menerus dengan bahan bitumen. Kekuatan utama aspal beton ada pada keadaan butir agregat yang saling mengunci dan sedikit pada pasir / filler / bitumen sebagai mortar.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah penggunaan serbuk tulang sotong sebagai bahan alternatif pada campuran lapisan aspal beton dapat memenuhi karakteristik Marshall campuran AC-WC. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimental yang mengkaji karakteristik marshall pada berbagai persentase penggunaan serbuk tulang sotong dengan kadar 0%, 50% dan 100% sebagai alternatif pengganti pengisi filler.   Percobaan serbuk tulang sotong yang memenuhi spesifikasi umum bina marga adalah kadar 50% dengan nilai stabilitas 2.061.87 kg, nilai flow (kelelehan) 6 mm, nilai Marshall Quotient 343.64 kg/mm, nilai VIM volume rongga udara dalam campuran 3.825%, nila VMA  (Void Mineral Agregat) 16.494% dan nilai VFB (Void Filled with. Bitumen) 99.230%. Dari hasil penelitian ini ternyata  serbuk tulang sotong dapat digunakan sebagai bahan pengisi alternatif filler pada campuran AC-WC untuk jalan raya yang padat dengan persentase kadar bahan sebesar 50%.


 


 


  

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

Section
Articles

References

Dirjen Pekerjaan Umum. BSN. (2011) Cara Pengujian Titik Lembek Aspal. Cara Pengujian Titik Nyala dan Titik Bakar. Cara Pengujian Berat Jenis Aspal dan Cara Pengujian Penetrasi Aspal. Badan Standardisasi Nasional. Jakarta (2011)

Dirjen Pekerjaan Umum. Spesifikasi Umum 2010 (Revisi 3) Divisi 6 (pp. 1–89). (2010) Laboratorium Aspal Universitas Krisnadwipayana. Jakarta. 2022.

Saodang, Hamirhan.. Konstruksi Jalan Raya, Perancangan Perkerasan Jalan Raya. Buku 2.Cet. 1. Nova. Bandung. 2005.

Sukirman. Silvia.. Beton Aspal Campuran Panas, Edisi Kedua. Yayasan Obor Indonesia. Jakarta. 2003.

Melkisedek Paku Layuk. Tugas Akhir Studi Kinerja Campuran Ac-Wc Menggunakan Bga-Asbuton Sebagai Bahan Pengikat. Makasar. Universitas Hasanudin. 2014.

Andi Muh. Fatwa. Karakterisasi Tepung Tulang Sotong (Sepia Sp.) Berdasarkan Metode Perebusan (2018)

Andhika Putra1, Tri Mulyono2, dan Yusfita Chrisnawati3 Laporan Penelitian Kajian Parameter Marshall dengan Menggunakan Limbah Serbuk Kerang Hijau Sebagai Filler Campuran Aspal Beton. UNJ. Jakarta. (2020)

Arjuna Sanda Sau’langi*1, Alpius*2, Herman Welem Tanje’3 Laporan Penelitian Pemanfaatan Abu Limbah Bonggol Jagung Sebagai Bahan Substitusi Filler Untuk Campuran AC-WC. UKI Paulus. Makassar. (2021).

Alimatul Hidayah1 dan Sugeng Dwi Hartantyo2 Laporan Penelitian Pengaruh Penambahan Limbah Serbuk Gipsum Sebagai Bahan Pengganti Filler pada Campuran Asphalt Concrete – Wearing Course. Universitas Islam Lamongan. Lamongan (2021).

Ratna Yuniarti dkk. Laporan Penelitian Penggunaan Limbah Kaca Sebagai Filler pada Campuran Perkerasan Aspal Panas. Universitas Mataram. Mataram (2019)