Evaluasi Kepuasan Pengguna Sistem Informasi Akademik Menggunakan Webqual 4.0 Dan Importance-Performance Analysis

Main Article Content

Herdiesel Santoso
Wahyu Widodo

Abstract

Penerapan sistem informasi akademik tidak selalu berjalan dengan baik. Evaluasi terhadapat kepuasan pengguna sistem mutlak dilakukan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kepuasan pengguna website Sistem Informasi Akademik (SIAKAD) STMIK El Rahma, dilihat dari kualitas layanan yang dirasakan dengan tingkat harapan. Metode yang digunakan adalah kombinasi antara WebQual 4.0 dan Importance Performance Analysis (IPA). Langkah penelitian dimulai dari studi literatur tentang metode yang digunakan, kemudian dilanjutkan dengan pengumpulan data menggunakan kuesioner yang berasal dari instrumen WebQual. Untuk melihat kuesioner tersebut sudah layak atau belum digunakan untuk mengambil data, dilakukan pengujian validitas dan reliabiltas terhadap pertanyaan dalam kuesioner. Analisis data dilakukan untuk melihat kesenjangan atau gap, dan penyusunan mariks IPA. Hasil penelitian menunjukan bahwa indikator - indikator WebQual untuk kepuasan pengguna layanan SIAKAD, terdistibusi pada kuadran II dan kuadran III matriks IPA. Sedangkan berdasarkan analisis kesenjangan (GAP) kepuasan pengguna untuk dimensi usabilitas, kualitas informasi serta interaksi dan kualitas layanan menunjukan belum dapat memenuhi harapan dari pengguna.


 


Kata kunci: importance-performance analysis,  user satisfaction , WebQual 4.0

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Santoso, H., & Widodo, W. (2022). Evaluasi Kepuasan Pengguna Sistem Informasi Akademik Menggunakan Webqual 4.0 Dan Importance-Performance Analysis. PETIR, 15(2), 209–218. https://doi.org/10.33322/petir.v15i2.1516
Section
Articles

References

DAFTAR PUSTAKA

[1] P. Kotler, H. Kartajaya, and I. Setiawan, Marketing 4.0 Moving from Traditional to Digital. Canada: John Wiley & Sons, 2017.
[2] S. Alghamdi and C. Bach, “Technological Factors to Improve Performance of Marketing Strategy,” ASEE 2014 Zo. I Conf. Univ. Bridg., 2014.
[3] H. Rofi’ah, “Analisis Pengujian Faktor Reliability Sistem Informasi Akademik STMIK El Rahma Yogyakarta Menggunakan Metode MCCALL,” Universitas Islamnegeri Sunan Kalijaga Yogyakarta, 2015.
[4] M. J. Pranita, D. H. Zulfikar, and C. E. Gunawan, “Analisis Kepuasan Pengguna Sistem Keagenan PERISAI Menggunakan End User Computing Satisfaction (Studi Kasus: BPJS Ketenagakerjaan Kantor Cabang Palembang),” Jusifo, vol. 5, no. 2, pp. 91–104, 2019, doi: 10.19109/jusifo.v5i2.5191.
[5] M. S. Muarie and F. Nopriani, “Mengukur Tingkat Kepuasan Pengguna E-Learning (Uin Raden Fatah Palembang),” JUSIM (Jurnal Sist. Inf. Musirawas), vol. 5, no. 01, pp. 79–86, 2020, doi: 10.32767/jusim.v5i01.756.
[6] S. J. Barnes and R. Vidgen, “Measuring Web site Quality Improvements: A Case Study of The Forum on Strategic Management Knowledge Exchange,” in Industrial Management and Data Systems, 2003, vol. 103, no. 5–6, pp. 297–309, doi: 10.1108/02635570310477352.
[7] H. Siswanto and A. F. Softyan, “Analisis Sistem Kualitas Website Menggunakan Metode Importance Performance Analysis (IPA),” 2019.
[8] Elmayati and C. Wulandari, “Evaluasi Kualitas Website SMA Negeri 4 Lubuklinggau Menggunakan Metode Webqual,” JUSIM (Jurnal Sist. Inf. Musirawas), vol. 03, no. 02, pp. 106–115, 2018.
[9] H. O. Lingga Wijaya, M.Kom, Y. Yunita, and R. Rusdiyanto, “Evaluasi Kualitas Website SMK N 2 Pertanian Tugumulyo Menggunakan Metode Webqual,” JUSIM (Jurnal Sist. Inf. Musirawas), vol. 3, no. 2, pp. 69–76, 2018, doi: 10.32767/jusim.v3i2.381.
[10] M. L. Jundillah, J. E. Suseno, and B. Surarso, “Evaluation of E-learning Websites Using the Webqual Method and Importance Performance Analysis,” E3S Web Conf., vol. 125, no. 24001, pp. 1–5, 2019, doi: 10.1051/e3sconf/201912524001.
[11] J. F. Andry, K. Christianto, and F. R. Wilujeng, “Using Webqual 4.0 and Importance Performance Analysis to Evaluate E-Commerce Website,” J. Inf. Syst. Eng. Bus. Intell., vol. 5, no. 1, pp. 23–31, 2019, doi: 10.20473/jisebi.5.1.23-31.
[12] P. Kotler, G. Armstrong, L. C. Harris, and Hongwei He, Principles Of Marketing. Pearson Education, 2020.
[13] P. Kotler and K. L. Keller, Marketing Management, 15th ed. United States of America: Pearson Education Limited, 2016.
[14] A. Susanti, R. A. A. Soemitro, H. Suprayitno, and V. Ratnasari, “Searching the Appropriate Minimum Sample Size Calculation Method for Commuter Train Passenger Travel Behavior Survey,” J. Infrastruct. Facil. Asset Manag., vol. 1, no. 1, pp. 47–60, 2019, doi: 10.12962/jifam.v1i1.5232.
[15] A. C. Elliott and W. A. Woodward, IBM SPSS by Example: A Practical Guide to Statistical Data Analysis, 2nd ed. India: SAGE Publications, 2019.
[16] M. V. Redy, Statistical Methods in Psychiatry Research and SPSS, 2nd ed., vol. 51, no. 1. New Jersey: Apple Academic Press Inc., 2019.
[17] J. Kwon and T. Chung, “Importance-Performance Analysis (IPA) of Service Quality for Virtual Reality Golf Center,” Int. J. Mark. Stud., vol. 10, no. 3, p. 30, 2018, doi: 10.5539/ijms.v10n3p30.