Penggunaan Limbah Karet Ban Terhadap Kuat Tekan Dan Penyerapan Paving Block

Main Article Content

Dicki Dian Purnama
Tommy Iduwin
Pratiwi Setyaning Putri

Abstract

Paving block adalah bahan bangunan yang terbuat dari campuran semen portland atau bahan perekat hidraulis lainnya, air dan agregat dengan atau tanpa bahan tambahan lainnya. Masalah lingkungan menjadi hal yang banyak diperhatikan belakangan ini. Pemanfaatan material limbah akan berdampak baik bagi lingkungan. Apalagi dalam penelitian ini penggunaan limbah digunakan untuk mereduksi sumber daya yang yang sulit diperoleh kembali jika telah habis yaitu pasir. Material limbah yang digunakan adalah ban karet. Pembuatan paving block yang digunakan pada penelitian ini dengan bahan subtitusi serbuk ban karet sebagai subtitusi agregat halus. Perbandingan bahannya adalah 1:4 dan 1:5 untuk semen dibandingkan dengan pasir. Variasi ban karet yang digunakan yaitu 0%, 5%, dan 10% untuk tiap perbandingan semen dan pasir. Pada umur beton 28 hari, hasil uji tekan terbesar diperoleh 19 MPa pada variasi 1. Sedangkan nilai terkecil sebesar 5,33 MPa diperoleh pada Variasi 6. Sementara prosentase penyerapan tertinggi diperoleh pada campuran perbandingan semen:pasir 1:4 sebesar 7,56%. Sedangkan prosentase nilai penyerapan terendah 3,26% diperoleh pada campuran perbandingan semen:pasir 1:5.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

Section
Articles

References

N. Chairunnisa, R. Nurwidayati, H. Khatimi, A. Di, and K. Selatan, “Sosialisasi dan Implementasi Eco Paving Block untuk Pemberdayaan Masyarakat Industri Kecil,” Vol. 1, No. Maret, pp. 7–13, 2022, doi: 10.20527/ilung.v1i3.

Badan Standar Nasional, “Standar Nasional Indonesia Badan Standardisasi Nasional Bata Beton (Paving Block),” Jakarta, 1996.

A. Yasmin, “Kinerja Paving Block Campuran Limbah Ban Bekas, Styrofoam, Kaca dan Oli Menggunakan SNI 03-0691-1996,” Universitas Jenderal Soedirman, Purwokerto, 2022.

Presiden Republik Indonesia, Pengelolaan Sampah Rumah Tangga dan Sampah Sejenis Sampah Rumah Tangga. Indonesia, 2012.

B. Burhanuddin, B. Basuki, and M. Darmanijati, “Pemanfaatan Limbah Plastik Bekas Untuk Bahan Utama Pembuatan Paving Block,” Jurnal Rekayasa Lingkungan, vol. 18, No. 1, Feb. 2020, doi: 10.37412/jrl.v18i1.20.

F. Adibroto, “Pengaruh Penambahan Berbagai Jenis Serat Pada Kuat Tekan Paving Block,” Jurnal Rekayasa Sipil (JRS-Unand), vol. 10, no. 1, p. 1, Feb. 2014, doi: 10.25077/jrs.10.1.1-11.2014.

T. Edeskär, “Use of Tyre Shreds in Civil Engineering Applications?: Technical and Environmental Properties,” 2006.

T. A. Hutagalung, “Potensi Pemanfaatan Limbah Ban Bekas.” Accessed: Feb. 14, 2023. [Online]. Available: https://ikft.kemenperin.go.id/?s=potensi+pemanfaatan+limbah+ban

Moh. A. Najib and N. Nadia, “Beton Normal dengan Menggunakan Ban Bekas Sebagai Pengganti Agregat Kasar,” 2014.

K. Rizky, “Pemanfaatan Limbah Ban Bekas Sebagai Pengganti Sebagian Pasir pada Pembuatan Paving Block Berdasarkan SNI 03-0691-1996,” UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA, Jakarta, 2018.

C. P. Harahap, “Pemanfaatan Limbah Plastik Polypropylene, Karet Ban Bekas, dan Fly Ash Sebagai Bahan Baku dalam Pembuatan Paving Block,” UNIVERSITAS SUMATERA UTARA, Medan, 2019.

Badan Standar Nasional, Pengujian Berat Jenis Semen Portland. Indonesia, 1991.

Badan Standar Nasional, Metode Uji untuk Analisis Saringan Agregat Halus dan Agregat Kasar. Indonesia: SNI ASTM C136:2012, 2012.

Badan Standar Nasional, Cara Uji Berat Jenis dan Penyerapan Air Agregat Halus. Indonesia, 2008.

I. Iswan, L. Afriani, and H. Saputra, “Pengaruh Waktu Perendaman terhadap Uji Kuat Tekan Paving Block Menggunakan Campuran Tanah, Semen dan Abu Sekam Padi dengan Alat Pemadat Modifikasi,” Jurnal Rekayasa Teknik Sipil Universitas Lampung, vol. 20, no. 2, Feb. 2016.